//
Umum

Capaian KOMINFO dan Pengembangan Akademik

10 September 2017 Oleh administrator

Karya Anak Bangsa di Kepengurusan PPI Jepang di 2016-2017

Kepengurusan PPI Jepang untuk periode 2016/2017 akan segera berakhir. Berbagai divisi dibawah kepengurusan PPIJ 2016/2017 pun akan tutup buku dalam waktu dekat. Berbagai rencana kerja pun telah didiskusikan, dirancang, dan dilaksanakan oleh kawan-kawan kita semua. Seperti apa capaian PPIJ pada periode 2016/2017 ini? Kali ini, mari kita simak hasil karya anak bangsa yang terhimpun dalam dua divisi di kepengurusan PPIJ 2016/2017.

DIVISI KOMINFO

Divisi Kominfo adalah divisi yang berperan sebagai jembatan penghubung PPI Jepang dengan publik luas. Divisi yang bertujuan meningkatkan komunikasi publik PPIJ untuk menjadi lebih transparan dan akuntabel ini membawahi secara langsung tiga Biro yaitu Biro Media Kreatif, Biro IT dan Statistik serta Biro Relasi Media. Masing-masing dari ketiga Biro tersebut mempunyai program utama.

Biro media kreatif pada kepengurusan 2016/2017 ini telah mengerjakan beberapa mahakarya yang diantaranya yaitu Social Media Branding, mengaktifkan channel YouTube PPI Jepang, penggarapan video dokumenter Jejak PPI Jepang, dan mendesain buletin interaksi. Berikut penjabaran dari karya besar tersebut.

Social Media Branding 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program ini adalah bentuk usaha PPIJ untuk Mem-branding serta memberikan image positif mengenai PPI Jepang melalui jejaring sosial media (Facebook, Instagram, dan Twitter) melalui poster, tulisan, foto, video, dan sebagainya. Karena tujuan utama adalah mem-branding, kegiatan ini dilangsungkan sepanjang periode PPI Jepang 2016/2017. Sejauh ini, media-media sosial milik PPI Jepang lumayan aktif dan cukup banyak di-like dan di-follow orang. Selain itu, perubahan logo PPI Jepang dan cover photo Facebook PPI Jepang juga termasuk dalam kegiatan ini.


 

 

 

 

 

 

Channel YouTube PPI Jepang 

Platform social media lainnya yang kerap digunakan PPI Jepang adalah Youtube. Channel PPI Jepang di Youtube biasanya digunakan untuk memperkenalkan profil tokoh dan figur publik. Video Jejak PPI Jepang pun dapat dilihat di sini. Channel Youtube PPI Jepang yang di-manage oleh teman-teman Biro Media Kreatif ini dapat dilihat di ;
https://www.youtube.com/channel/UCHqA1KIPyTJSVbknIwFnkVA.

Video Dokumenter Jejak PPI Jepang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai organisasi yang sudah sejak lama berdiri, tentunya PPI Jepang memiliki sejarah yang panjang. Oleh karena itu, teman-teman kepengurusan PPI Jepang merasa perlu adanya video khusus yang mendokumentasikan sejarah tersebut dan segala sepak terjang PPI Jepang salama ini. Untuk itulah program Video Dokumenter Jejak PPI Jepang ini diadakan. Video ini dapat dilihat di channel Youtube PPI Jepang. 

Buletin Interaksi Spring & Winter 2017 

Buletin online yang dirillis oleh PPI Jepang setiap tiga bulan melalui issuu dan Facebook ini digarap oleh teman-teman dari Biro Media Kreatif. Konten dari buletin ini sendiri meliputi:
    Artikel Utama
    Belajar, Bergerak, Bersama PPIJ (liputan dari beberapa kegiatan korda komsat) 
    Kajian 
    Pojok Riset
    Profil Inspirasi
    Vakansi

Sesuai namanya, buletin ini terbit pada musim semi dan gugur di Jepang. Buletin Interaksi Winter 2017 terbit pada 12 Februari 2017, sementara buletin Interaksi Winter 2017 terbit pada 11 Juli 2017. Khusus untuk buletin di issuu, Interaksi Winter 2017 memperoleh 489 pembaca dengan 1.015 impressions sementara Interaksi Spring 2017 mampu menarik 369 pembaca dengan 510 impressions.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jabaran pencapaian Biro media kreatif diatas merupakan hal fantastis yang pernah dilakukan selama kepengurusan PPIJ. Capaian-capaian diatas dilengkapi dengan capaian Biro lainnya di Divisi Kominfo yaitu Biro IT dan Statistik. Adapun berikut adalah penjabaran karya pelajar Indonesia di Jepang di Biro IT dan statistik.

Pengelolaan Website PPIJ 

Mengembangkan ulang dan memanfaatkan potensi website PPI Jepang. Hasilnya, webiste tersebut bekerja dengan baik untuk meng-update artikel-artikel dan berita-berita dari teman-teman PPI di seantero Jepang. Penasaran seperti apa websitenya? Cek di http://ppijepang.org/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai penyempurna hasil karya dari Divisi Kominfo ditutup dengan penjabaran perolehan dari Biro relasi media sebagai berikut
Liputan dan artikel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan yang dilakukan oleh Biro Relasi Media bertujuan untuk meliput dan merilis berita terkait kegiatan mahasiswa Indonesia di seluruh Jepang. Setiap kali ada prestasi yang membanggakan dari anggota PPI Jepang, kedatangan tokoh terkenal ke Jepang, atau perayaan-perayaan tertentu di Jepang, tim Biro Relasi Media akan berusaha sebaik mungkin untuk meliputnya dan membuat artikel. Artikel-artikel tersebut nantinya dipublikasikan di media-media
publikasi PPIJ dan PPI Dunia, termasuk channel Youtube, page Facebook, dan website PPIJ. Beberapa event yang pernah diliput adalah kunjungan Walikota Bogor,  Indonesian Festival di Nagoya, kunjungan Menteri ESDM, dan acara Gyon Matsuri.


DIVISI PENGEMBANGAN AKADEMIK

Divisi Pengembangan Akademik merupakah wadah pengembangan jaringan dan potensi akademik para anggota PPI Jepang dan mahasiswa Indonesia pada umumnya serta jendela bagi para calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Negeri Sakura. Mari kita simak kegiatan-kegiatan divisi ini selama 2016/2017.

Research Minutes

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program ini merupakan kegiatan pembuatan video bulanan riset pelajar yang ada di Jepang yang dikemas dengan menarik, singkat dan bisa dipahami untuk semua kalangan yang disebarkan via youtube ataupun sosial media PPI Jepang. Program ini juga merupakan kerjasama dengan PPI Korda dan Komsat dan dalam pelaksanaannya mendapatkan 5 narasumber sebagai berikut :
1.    Assoc. Prof. Andi Bangkit (Bekerjasama dengan PPI Nagoya) – Published
2.    Freddy Lumban Gaol - (Bekerjasama dengan PPI Hokkaido) – Published
3.    Liana - (Bekerjasama dengan tim Balon Ide Fukuoka) – In Editing
4.    Wendi Harjupa - (Bekerjasama dengan PPI Kyoto) – In Editing
5.    Sastia Prama Putri (Bekerjasama dengan PPI Osaka/Nara) – In Editing
Publikasi research minutes ini mendapatkan respons positif dengan jumlah viewer sebanyak 702x dan 263x untuk video RM pertama dan kedua.

Scholars of The Month (SOTM) 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Scholar of The Month (SOTM) merupakan program kerja nyata divisi kasrat untuk menulis profile dan capaian yang spetakuler pelajar-pelajar Indonesia yang berprestasi di Jepang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pelajar Indonesia lainnya. Pada awalnya, kegiatan ini dirancang untuk dipublikasi pada setiap satu semester. Akan tetapi, program ini akhirnya menjadi 1 bulan sekali karena banyaknya pelajar yang berprestasi. SOTM mendapatkan respons yang baik dengan banyaknya likes dan comments yang diberikan pada sembilan individu yang diangkat ke dalam SOTM. Total terdapat 184 likes dan 43 comments yang diberikan kepada Scholars yang berprestasi.

Science Corner

Program berupa publikasi penelitian pelajar Indonesia di Jepang ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian pelajar Indonesia di Jepang dengan bahasa awam untuk menarik minat kalangan umum untuk membangun kolaborasi antar akademisi Indonesia di Jepang. Hasil penelitian biasanya dikemas secara singkat dalam bentuk poster yang menarik dan narasi yang mudah dipahami. Setiap publikasi yang ada juga terintegrasi dengan website repository PPI Jepang.

Buku Panduan Studi di Jepang

Program ini merupakan kegiatan pembuatan buku panduan untuk studi di Jepang. Banyak hal yang dibahas di dalamnya, mulai dari tahap persiapan, pendaftaran, perkuliahan dan informasi lainnya. Buku panduan ini diharapkan dapat berguna untuk calon pelajar yang akan sekolah di Jepang.

Updating website PPIJ untuk konten Beasiswa

 

 

 

 

 

 

 

Program ini merupakan kegiatan diseminasi informasi beasiswa melalui website http://beasiswa.ppijepang.org/, Program ini telah mampu memberikan informasi baru di dalam website beasiswa PPI Jepang yang telah vakum selama 3 tahun. beberapa artikel beasiswa yang dipost pada website ini antara lain :
1.)    Re-opening website beasiswa (16 Desember 2016)
2.)    Teacher training (4 Januari 2017)
3.)    Beasiswa AAS (17 Januari 2017)
4.)    Beasiswa Fulbright (17 Januari 2017)
5.)    Beaiswa Hiroshima (3 Februari 2017)
6.)    Beasiswa University of Tokyo (21 Maret 2017)
7.)    Beasiswa JICA (9 April 2017)
Untuk selanjutnya, diseminasi informasi ini diharapkan bisa dilakukan dengan lebih gencar dan terintegrasi dengan media sosial untuk memberikan exposure yang lebih besar terhadap keberadaan platform ini.

 

 

 

FADIL HABIBI DANUFANE (Relasi Media)
Kanazawa University