//
Umum

Inspirasi Langit

03 May 2017 Oleh administrator

Nelson Mandela pernah berkata, “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”.

Sebuah pernyataan yang begitu menggambarkan betapa pentingnya pendidikan. Akan tetapi, di kota-kota kecil di tanah air, dimana akses informasi masih terbatas, masih banyak anak-anak bangsa yang sulit mendapatkan informasi seputar perkembangan pendidikan. Alhasil, pertumbuhan pendidikan pun tidak merata. Bisa jadi anak-anak ini tumbuh hanya dengan tahu tentang lingkungan kecil mereka, tanpa pernah tau betapa luasnya dunia diluar sana, betapa beragamnya bangsa dan budaya didunia, dan betapa cepatnya teknologi berkembang. Padahal mereka adalah generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa. Aset berharga bagi masa depan bangsa.

Karena itulah, kami ingin membuat jendela-jendela kecil untuk menghubungkan mereka dengan dunia luar melalui sebuah program yang kita beri nama ‘Inspirasi Langit’. Inspirasi langit adalah program kakak asuh yang merupakan salah satu program kerja Tim Sosial PPIJ 2016/2017. Tujuan utama dari program kerja ini adalah menyebarkan inspirasi untuk anak-anak di pelosok negeri agar berani bermimpi setinggi langit.

Dalam program ini kakak asuh dapat berkirim postcard dengan adik asuh di berbagai pelosok negeri di Indonesia. Kakak asuh berperan layaknya sahabat pena yang menginspirasi dan memantau perkembangan adik asuh bimbingannya. Melalui program ini adik asuh akan bercerita tentang hobi dan cita-citanya sehingga program ini juga diharapkan mampu mengasah kreativitas anak dalam bercerita.

Lalu, siapa saja yang bisa menjadi kakak asuh?

Siapapun bisa menjadi kakak asuh tanpa terbatas usia dan domisili. Adapun tanggung jawab dan hak kakak asuh adalah sebagai berikut:

  1. Tanggung jawab kakak asuh
  • Melengkapi data diri
  • Berkomitmen mengikuti program inspirasi langit selama minimal 6 bulan
  • Mengirimkan postcard motivasi kepada adik bintang minimal 1 kali dalam 2 bulan.
  1. Hak kakak asuh
  • Memiliki satu atau lebih adik asuh
  • Menerima surat dari adik asuh minimal 1 kali dalam 2 bulan
  • Mendapat kabar perkembangan adik asuh
  • Berkomunikasi dengan adik asuh baik secara langsung maupun tidak langsung

3)        Mekanisme komunikasi kakak asuh dan adik asuh

Inspirasi langit berkomitmen untuk menjaga privasi kakak asuh dan adik asuh serta melindungi kedua belah pihak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena ini mohon dipahami bahwa komunikasi yang melanggar privasi dapat menyebabkan pembatalan status kakak dan adik asuh. Setiap komunikasi antara kakak asuh dan adik asuh baik komunikasi langsung maupun tidak langsung wajib dikomunikasikan dengan inspirasi langit.

4)        Registrasi kakak asuh

  • Pendaftaran kakak asuh dapat dilakukan melalui http://bit.do/InspirasiLangit
  • Calon kakak asuh wajib mengisi data yang lengkap. Semua data hanya digunakan untuk kepentingan inspirasi langit.
  • Setelah mendaftar sebagai kakak asuh maka akan mendapat email konfirmasi melalui email.

 

Lantas, siapa yang menjadi adik asuh kita?

Sebagai pilot project, adik asuh yang menjadi mitra Inspirasi Langit adalah murid-murid sekolah dasar kelas 4-6 SD dan sekolah menengah pertama di Pangkep (Makassar) dan Natuna.

 

Konten surat apa yang boleh dikirimkan untuk adik asuh?

Media bertukar cerita yang pertama digunakan kali adalah postcard. Dalam postcard pertama, kakak asuh wajib memperkenalkan diri. Selanjutnya, kakak asuh diperkenankan menggunakan surat dengan konten surat yang memenuhi persyaratan berikut:

  • Surat ditulis dengan tulisan tangan yang bisa dibaca
  • Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, sopan, serta mudah dimengerti oleh anak usia SD.
  • Sejalan dengan tujuan dari Inspirasi Langit yakni menyebarkan inspirasi untuk anak-anak di pelosok negeri agar berani bermimpi setinggi langit.
  • Sangat disarankan untuk menyelipkan informasi/pengetahuan mengenai budaya, profesi, teknologi, bahasa, dan hal-hal baik di lingkungan tempat tinggal kakak asuh yang sekiranya bisa menjadi pengetahuan baru untuk adik asuh.
  • Tidak menyinggung SARA.

 

Tunggu apa lagi? Be part of us! Share your stories, show them the world, help them to reach higher than the sky!