//
Hidup di Jepang

Peringatan Bahaya Rudal Balistik Korea Utara Dari Jepang

29 August 2017 Oleh administrator

Tokyo, 29 Agustus 2017, Korea Utara meluncurkan rudal balistik yang terbang melintasi pulau ujung utara Jepang, Hokkaido hingga akhirnya terjatuh di Samudra Pasifik kurang lebih pukul enam pagi waktu setempat.

            Lewat press release dari Kementerian Pertahanan Jepang, diduga rudal diluncurkan dari kota Sunan di Korea Utara pada pukul 5:58 pagi waktu Jepang. Di Sunan terdapat juga bandara, sehingga kemungkinan besar rudal diluncurkan dari landasan terbang. Rudal pun meluncur ke arah timur melewati langit utara Jepang hingga akhirnya terjatuh di Samudra Pasifik pada pukul 6:12 pagi. Total jarak yang ditempuh oleh rudal adalah 2700 km dari tempat peluncuran.

            Pemerintah Jepang memberi perhatian khusus dan himbauan bagi warga yang tinggal di kawasan utara dan timur Jepang meliputi; Hokkaido, Aomori, Iwate, Miyagi, Akita, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Niigata, dan Nagano. Sistem J-Alert milik pemerintah Jepang sempat aktif pada pukul 6:14 pagi, menghimbau warga untuk tetap berhati-hati dan juga agar segera menghubungi pihak kepolisian atau pemadam kebakaran apabila menemukan puing-puing asing yang diduga merupakan pecahan dari rudal balistik.

            Melalui kanal berita NHK, PM Jepang Shinzo Abe menyatakan, tidak ada kerusakan maupun korban di daratan maupun di lautan yang disebabkan oleh rudal tersebut. PM Abe mengecam keras tindakan Korea Utara ini yang disebutnya sebagai tindakan semena-mena dan membahayakan nyawa orang. Pemerintah Jepang telah berkomunikasi dengan pihak Amerika untuk menyelidiki lebih lanjut serta demi mengambil langkah-langkah yang tepat.

            Warga Indonesia yang tinggal di utara Jepang, terutama Hokkaido, dihimbau untuk selalu berhati-hati dan selalu melihat perkembangan berita serta mengikuti himbauan keselamatan dari pemerintah setempat. Jika dibutuhkan, dapat langsung menghubungi hotline KBRI Tokyo di nomor +81-80-3506-8612 atau +81-80-4940-7419.   

(Theodorus Alvin)