//
Hidup di Jepang

Taifun Disertai Hujan Lebat Melanda Selatan dan Timur Jepang

06 July 2017 Oleh administrator

FotoRamalan cuaca 5 Juli
(sumber:
https://weather.yahoo.co.jp/weather/raincloud/?c=201707051900&mv=next#prtop)

Tokyo, 5 Juli 2017. Pada penghujung musim semi tahun ini, taifun kembali melanda bagian timur Jepang. Taifun berskala 3 melanda bagian selatan Jepang seperti Fukuoka dan Kumamoto, serta prefektur yang berbatasan langsung dengan laut timur Jepang seperti Kanagawa. Buntut dari taifun ini adalah turunnya hujan lebat di daerah selatan Jepang.

Ketika berita ini ditulis (5/7), seperti dilansir dari Yahoo Weather Japan, dilaporkan terjadi hujan lebat di daerah selatan Jepang seprti Fukuoka, Saga, dan Oita. Hujan lebat ini disebabkan oleh taifun yang kemarin melewati daerah-daerah tersebut. Pada hari ini juga dikeluarkan peringatan bahaya longsor dan sungai meluap dikarenakan hujan lebat dengan presipitasi yang mencapai 120mm. Lalu dilansir juga dari Japan Meteorological Agency (JMA), setelah melanda bagian selatan Jepang, pada malam ini, bagian barat Jepang juga akan dilanda hujan lebat, sementara sebagian bagian timur Jepang seperti Tokyo dan Kanagawa akan dilanda hujan pada malam ini.

Kejadian alam ini biasa disebut tsuyu oleh masyarakat Jepang. Tsuyu adalah kejadian alam yang lazim terjadi setiap tahun antara bulan Mei hingga Juli di bagian timur asia seperti Jepang, Semenanjung Korea, Tiongkok, dan juga Taiwan. Dimulainya masa tsuyu dapat diketahui dari tanda-tanda seperti; taifun atau angin kencang, kelembaban tinggi, hujan terus-menerus, dan hari yang berawan.

Pada umumnya JMA akan bekerjasama dengan pemerintah di setiap prefektur untuk mengabari masyarakat tentang datangnya taifun atau hujan lebat, bahkan hingga ancaman bencana seperti longsor dan sungai meluap. Kesiapan seperti inilah yang membuat Jepang dan masyarakatnya selalu berhati-hati dalam menghadapi musim yang kurang bersahabat ini dan melewatinya dengan aman.

(Red : Theo)