//
Acara

Sang Saka Merah Putih Berkibar Di Langit Jepang

18 August 2017 Oleh administrator

Tokyo, 17 Agustus 2017, di pagi yang cerah warga Indonesia di Jepang melaksanakan upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Meskipun dimulai cukup awal, yakni pukul 7:30 waktu setempat, antusiasme para hadirin tetap terasa.

Upacara bendera di Wisma Duta KBRI Tokyo
Upacara bendera di Wisma Duta KBRI Tokyo   

Upacara bendera kali ini bertempat di dua tempat sekaligus, Wisma Duta KBRI Tokyo dan juga Konsulat Jenderal Republik Indonesia Osaka (KJRI Osaka). Hal ini dilakukan agar tidak hanya WNI di daerah Kanto saja yang bisa mengikuti upacara, namun WNI di daerah Kansai juga dapat merasakan khidmatnya upacara bendera setahun sekali ini. Dengan pertimbangan yang cukup, upacara memang direncanakan dimulai cukup awal dikarenakan 17 Agustus bukanlah hari libur di Jepang, sehingga setelah upacara para WNI masih dapat masuk kerja tepat waktu.

Siswa siswi Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang telah berlatih jauh-jauh hari menyuguhkan lagu-lagu perjuangan dan nasional dengan bersemangat, membuat suasana upacara menjadi meriah Tidak lupa, terdapat juga sekitar 15 orang paskibraka yang telah dilatih oleh pihak dari KBRI Tokyo untuk menjalankan upacara yang rapi dan sempurna.

Seorang tamu kehormatan yang juga merupakan mantan Perdana Menteri Jepang ke-58 periode tahun 2007 hingga 2008, Yasuo Fukuda, juga menghadiri perayaan hari kemerdekaan kali ini. Yasuo Fukuda yang juga merupakan ketua dari JAPINDA (Japan-Indonesia Association) pada saat ini disambut langsung secara khusus oleh Duta Besar Arifin Tasrif dengan pemotongan tumpeng.

 


Photo bersama Bapak Duta Besar RI Untuk Jepang

Tak lupa pada hari yang spesial ini, tim radio PPI Jepang juga berkesempatan mewawancarai beberapa personil KBRI Tokyo secara langsung seperti Duta Besar Arifin Tasrif, Wakil Duta Besar Ben Perkasa Drajat, serta Atase Pendidikan Alinda Zain. Wawancara yang menarik ini dapat didengarkan secara online lewat tautan http://jradiowp.ppijepang.org.

(Red. Theodorus Alvin)