PPI Jepang

Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang atau disingkat PPI Jepang merupakan organisasi yang beranggotakan pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Jepang. Organisasi ini didirikan di Tokyo pada tanggal 24 Juni 1953.

Follow Us

PPI Jepang Follow us Milis PPI Jepang

Chubu Match 2016

Poster Kegiatan Chubu Match 2016

“Lari Bersama, Gapai Impian” itulah slogan Chubu Match tahun 2016 ini, yang Insya Allah diadakan hari Minggu, tanggal 6 Maret 2016 di arena Taikukan Gifu University, Gifu. Acara rutin tahunan yang selalu diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) daerah Cubu di Jepang atau biasa di singkat PPI Korda Chubu ini, diselenggarakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antara anggota PPI se-Komsat Chubu, yang meliputi PPI Gifu, PPI Mie, PPI Nagoya, PPI Shizuoka, dan PPI Toyohashi, serta untuk saling mengakrabkan diri satu dengan yang lainnya.

Tahun 2016, Alhamdulillah PPI Gifu berkesempatan untuk menjadi tuan rumah acara yang sangat dinantikan ini. Rekan-rekan dalam PPI Gifu berusaha untuk mengangkat acara yang sangat dinantikan ini, dengan bimbingan Ketua PPI Gifu, Zuhud Rozaki, dan sebagai Komandan Acara Chubu Match 2016, Saat Egra. PPI Gifu sangatlah antusias dalam menyukseskan acara yang diselenggarakan pada Hari Minggu, 6 Maret 2016 di Gifu University.

Dalam Chubu Match 2016 akan diselenggarakan banyak permainan, dimulai dari Badminton, Tenis Meja, Lari estafet, Balap Karung, Tarik Tambang serta permainan yang lain. Yang tidak kalah seru adalah juga lomba Fotografi dengan tema “Potret Persiapan dan Pelaksanaan Chubu Match 2016” yang diunggah melalui media sosial Instagram dan Facebook dengan mention @ppigifu serta hashtag (tanda pagar) #chubumatch2016 dan #ppigifu sehingga seluruh orang dapat melihatnya. Meskipun begitu, penilaian tetap ditentukan oleh tim juri.

Banyaknya permainan bukanlah tujuan untuk mencari siapa yang akan menjadi pemenang di akhir acara, tetapi dengan banyaknya permainan diharapkan menjadikan kita lebih mengenal satu sama lain dan tentunya lebih banyak waktu bercengkrama dengan sesama kita. Sebagaimana tujuan utama dari Chubu Match ini, yaitu dengan menjadikan ajang ini sebagai ajang saling mengenal satu sama lain, siapa tahu bisa jadi jodoh? Hehehehe…… Selain itu, untuk menjadikan para Pelajar Indonesia di Jepang, khususnya daerah Chubu, tidak bosan dengan rutinitas perkuliahan dan penelitian yang tidak ada habis-habisnya, serta untuk me“refresh”kan otak menghirup udara segar Gifu yang asri dan menjadikan Pelajar Indonesia menjadi insan yang bugar, cemerlang, dan sehat walafiat.

Sebagaimana yang telah pepatah yang sering kita dengar, “Mens sana in corpore sano”, bahwa “Di dalam tubuh yang sehat, tersimpan otak yang cerdas.” Oleh karenanya, kita semua harus sehat terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa menjalankan aktivitas kita sehari-hari di kemudian hari untuk mengapai cita-cita yang kita impikan, bukan dimimpikan. Chubu Match 2016 juga dibantu oleh beberapa pihak, antara lain Radio PPI Jepang (Twitter: @radioppijepang) sebagai media partner, Warung Kita Halalfood (Facebook: Warung Kita) dan Hanamaza Pan (Facebook: Hanamaza PAN).

HISAS 13 (Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting)

Selamat sore sahabat PPI Jepang!

HISAS 13 (Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting) yang akan diadakan pada tanggal 5-6 Maret ini merupakan kegiatan konferensi ilmiah yang selama 13 tahun menjadi event tahunan Persatuan Pelajar Indonesia Jepang Korda Hokkaido (PPIH).

Pada HISAS 13 ini, kami menerima lebih dari 100 paper dan akhirnya sekitar 40 paper telah diterima. Selain konferensi ilmiah, akan ada Learning Trip yang akan menambah wawasan peserta HISAS 13. HISAS 13 ini juga menjadi salah satu bagian dari event Susatinability Week Hokkaido University dan didukung oleh Djarum Foundation, Kitagas, KBRI, Bank Indonesia, Iteha, dan Sahat Trans co. Ltd.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat pada confrence website http://hisas13.ppi-hokkaido.org atau dengan menghubungi This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kata Sambutan dan Susunan Pengurus Pusat PPI Jepang 2015-2016

Selamat siang sahabat PPI Jepang,
Di awal tahun 2016 izinkan kami menyapa kembali para sahabat di manapun berada. Semoga komunikasi akan semakin baik demi Satu Irama, Satu Cerita untuk Satu Indonesia. Sehat dan sukses selalu untuk semuanya.

Pentas Seni Indonesia (インドネシア伝統芸術公演) 2015 - Malam Seni Budaya PPI Kansai

 
Pentas seni ini akan menampilkan tari-tarian tradisional, alat musik tradisional, dan drama yang dikemas dalam sebuah perjalanan Hanoman ke daerah-daerah di Indonesia.
 
Acaranya kapan?
10 Oktober 2015 jam 13.00-16.00 (Open Gate 12:30)
 
Dimana?
Minoh Green Hall
Nishishoji 4-6-1, Minoh, Osaka (http://goo.gl/maps/axNKx)
 
Biayanya?
Gratis, tapi perlu reservasi loh. 
Link untuk reservasi : http://qrs.ly/tc4m0v7
 
Berikut media publikasi Acara PSI 2015. 
 
Salam,
Panitia PSI 2015

Web Statistics

Articles View Hits
1733228

Radio PPI Jepang

Radio PPI Dunia


Sekretariat PPI Jepang

在日インドネシア留学性協会
Tokyo Indonesian Embassy (インドネシア大使館)

5-2-9 Higashigotanda, Shinagawa-ku Tokyo
(〒141-0022 東京都品川区東五反田5-2-9)
Phone: +81-(03)-3441-4201    

Email:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
URL: http://www.ppijepang.org

Akun Bank PPI Jepang

Akun: Zainichi Indonesia ryu-gakusei kyo-kai


Nama Bank: Japan Post Bank
Nama Cabang: Zero Ichi Hachi Ten

No. Rekening: 8568385
No. Cabang: 10190
Bangou: 85683851

Go to top